top of page

Melirik Jam Matahari Raksasa di Puspa Iptek Sundial

Updated: Jul 8

Mau jalan-jalan ke mana liburan akhir sekolah tahun ini? Jika Anda dan keluarga menggemari bidang sains dan teknologi khususnya fisika, Puspa Iptek Sundial di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat adalah destinasi yang tepat. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan akronim dari pusat peragaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sundial yang berarti jam matahari. Inilah salah satu tempat menarik di Bandung yang memadukan wisata dan edukasi. 



Wisatawan dapat dengan mudah sampai di museum ikonis yang diresmikan pada 2002. Selain unsur arsitektur bangunannya yang unik dan menjadi ciri khasnya juga berada di gerbang utama Kota Baru Parahyangan. Banyak hal menarik yang dapat wisatawan eksplorasi di museum ini. Apa saja?


Konfigurasi matahari, bumi dan bulan

Berada di sana, pengunjung akan memperoleh pengalaman yang impresif. Puspa Iptek Sundial bersama gerbang utama Kota Baru Parahyangan merupakan sebuah tatanan terpadu. Kedua bangunan merefleksikan konfigurasi matahari, bumi, dan bulan.

Di gerbang utama, terdapat replika bumi dari batu bulat utuh bergaris tengah dua meter dan berbobot sekira 12 ton. Batu yang didatangkan dari Padalarang tersebut dikelilingi 12 tiang yang melambangkan 12 bulan dalam sistem kalender. Bundaran tempat Puspa Iptek Sundial berada, berfungsi ganda sebagai matahari (sun) dan jam matahari (sundial).



Jam matahari raksasa

Pengunjung dapat menemukan, melirik, dan mengamati dua jam matahari raksasa di sana, yaitu horizontal dan vertikal yang terpadu. Jam matahari horizontal di Puspa Iptek Sundial, bahkan tercatat sebagai jam matahari horizontal terbesar di Indonesia.

Atas keunikan kedua fitur tersebut, Puspa Iptek Sundial memperoleh dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2002. Pertama, penghargaan “Jam Matahari Horizontal Terbesar di Indonesia”. Kedua, penghargaan “Jam Matahari Vertikal dan Horizontal Terpadu Pertama di Indonesia”.


Ratusan peraga

Jam matahari bukan satu-satunya peraga edukatif yang menarik perhatian pandangan mata pengunjung. Wahana pendidikan ini memiliki lebih dari 150 peraga interaktif yang akan mengantarkan pengunjung masuk ke dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Ratusan alat peraga edukatif tersebut meliputi berbagai bidang ilmu, seperti fisika dan biologi. Desain setiap alat peraga memberikan pemahaman langsung mengenai konsep ilmiahnya kepada para pengunjung.



Bertemu “si Elmu”

Puspa Iptek Sundial memiliki maskot yang diberi nama si Elmu dan bertemu dengannya akan sangat menyenangkan. Maskot dengan sosok cerdas ini selalu memegang lup alias kaca pembesar yang menandakan sosok yang haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lup tersebut juga mencerminkan si Elmu yang rajin mengamati lingkungan sekitar untuk mencari tahu segala hal yang menarik untuk dipelajari.







Puspa Iptek Sundial

Jl. Raya Padalarang 427

Harga tiket masuk : Rp35.000 per orang

Waktu operasional : Pukul 8.30 – 16.30 WIB*

*Harga dapat berubah sewaktu waktu


0 comments

Comments


bottom of page